Karakteristik Pelayanan Bermutu

Jika kita lihat, pada masa sekarang ini, banyak oknum-oknum yang memberikan pelayanan kepada publik tidak sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Salah satu faktor penyebabnya adalah, kurangnya pengetahuan mengenai pelayanan yang bermutu. Nah sebenarnya apa saja, karakteristik pelayanan yang bermutu tersebut?. Berikut penulis akan paparkan....

1. Adanya atau hadirnya fasilitas fisik, peralatan dan orang (pelayan atau petugas) yang memenuhi syarat untuk pelayanan yang baik.


Fasilitas penunjang dan fasilitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang menentukan kepuasan stakeholder. Apabila suatu instansi memiliki pelayanan yang baik, namun tidak didukung fasilitas yang memadai maka akan berakibat menurunnya kepuasan stakeholder, begitu juga sebaliknya.

2. Keandalan, kemampuan untuk memberikan layanan yang diharapkan secara teliti dan konsisten.



Dalam pelaksanaannya, seorang pelayan publik harus dapat melayani secara efisien tanpa mengurangi ketelitiannya, setiap permintaan yang ada harus dilaksanakan sebaik dan seefisien mungkin.
Lalu, seorang pelayan publik harus dapat melayani stake holder secara konsisten (selaras antara kata dan perbuatan)

3. Kesiagaan atau ketanggapan


Yakni kemauan untuk memberikan pelayanan segera atau cepat dan kesediaan untuk membantu pelanggan. Saat kita mengunjungi suatu instansi atas keperluan tertentu, biasanya faktor inilah yang menentukan tanggapan stake holder bahwa pelayanan yang diberikan bermutu atau tidak. Saya pribadi berharap, semua instansi pelayanan yang ada dapat memberikan pelayanan secepat dan sesegera mungkin.

4. Jaminan, pengetahuan, keramahtamahan, dan kemampuan untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan


Keramahtamahan dan pengetahuan diperlukan untuk melayani stakeholder secara optimal. Diharapkan setiap pelayan publik dapat bersikap ramah walaupun mendapat tanggapan yang bermacam-macam. Begitu juga dengan pengetahuannya, agar setiap pertanyaan dari stakeholder dapat terjawab, sehingga terciptalah kepuasan dan keyakinan

5. Empati, kepedulian dan perhatian khusus kepada pelanggan (pihak yang membutuhkan pelayanan).



Yakni mengerti dan 
larut dalam perasaan orang lain baik suka maupun duka, dan seolah-olah merasakan atupun mengalami apa yang dirasakan atu dialami oleh orang tersebut. Sikap ini diperlukan, karena setiap individu dapat merasa nyaman apabila ada orang lain yang berempati dengannya.

Nah itulah tadi beberapa karakteristik pelayanan yang bermutu, semoga bermanfaat...






D
Fffs
F

0 komentar:

 

Techno Blog © 2012 Design by Game Master | Sponsored by Blog Ilmu Pengetahuan| Terima kasih sudah berkunjung.